Dapodik Jadi Contoh Untuk Sejumlah Kegiatan Kemdikbud Tahun 2014 - Mendikbud Ingin Paud Dan Dikmen Juga Terdata Dalam Dapodik

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Tahun 2014 ini, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi contoh bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk banyak sekali kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru. 

Hal ini berbeda dari tahun 2013 kemudian yang gres dipakai sebagai tumpuan dalam pinjaman tunjangan profesi guru.


Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Sumarna Surapranata mengatakan, ada tiga unsur data dalam Dapodik, ialah data satuan pendidikan, data penerima didik, serta data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Ketiganya lengkap memuat seluruh informasi yang dibutuhkan, sebagai tumpuan Kemdikbud untuk memilih langkah selanjutnya.

“Misalnya, data ihwal PTK yang dipakai untuk proses pinjaman tunjangan profesi guru. Di dalamnya lengkap memuat biodata, nomor identitas, usang guru mengajar selama seminggu, mengajar di kelas berapa, dan seterusnya,” ujar Pranata ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/2).

Ia menuturkan, tahun kemudian data pada Dapodik gres diperuntukan sebagai tumpuan pengelolaan tunjangan profesi guru. Namun tahun ini, Dapodik diperluas untuk kegiatan lainnya, ialah BOS, rehab, dan BSM. “Sekolah yang ingin mendapat anggaran untuk ketiga kegiatan itu harus mengisi lengkap data pada Dapodik. Berbeda dengan tahun kemudian yang menurut pengajuan dari sekolah. Tahun ini tidak lagi. Semua dari Dapodik,” imbuh Pranata.   

Ia mengapresiasi sekolah yang sudah melengkapi data pada Dapodik. Tidak jarang data yang dimiliki sekolah di kawasan yang jauh dari ibu kota provinsi justru lebih baik ketimbang data yang dimiliki sekolah yang berada di kota ibu kota provinsi. “Itu artinya apa? Mereka concern dan punya komitmen,” tambah Pranata.

Dapodik merupakan kegiatan yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar menurut isyarat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 tahun 2011 ihwal Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan. Tahun ini, terang Pranata, Mendikbud menginginkan biar jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan menengah juga terdata dalam Dapodik. (Ratih Anbarini)

0 Response to "Dapodik Jadi Contoh Untuk Sejumlah Kegiatan Kemdikbud Tahun 2014 - Mendikbud Ingin Paud Dan Dikmen Juga Terdata Dalam Dapodik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel