Pedoman Penyelenggaraan Derma Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2014 Dan Juknis Bidikmisi Bagi Sekolah Dan Siswa

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Bidikmisi ialah proteksi biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak bisa (miskin). 

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan jadwal proteksi biaya pendidikan Bidikmisi kepada 20.000 lulusan Sekolah Menengan Atas dan sederajat yang mempunyai potensi akademik baik dan tidak bisa secara ekonomi untuk mencar ilmu di 104 perguruan tinggi negeri di lingkungan Kemdiknas dan Kementerian Agama (Kemenag).

Program ini merupakan salah satu jadwal 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional pada tahun 2009. Pada tahun 2011 peserta Bidikmisi bertambah menjadi 30.000 orang di 117 perguruan tinggi negeri. 

Pada tahun 2012, yang penyelenggaraannya terpisah dengan Kemenag, kuota sebanyak 42.000 termasuk 2.000 di perguruan tinggi swasta dan pada tahun 2013 sebanyak 61.000 orang termasuk 8.000 di perguruan tinggi swasta.

Pada tahun 2013 ini sebanyak 1.767 mahasiswa peserta Bidikmisi dari jenjang D3 angkatan 2010 telah menuntaskan studi.Pada tahun 2014 jadwal Bidikmisi akan mendapatkan 60.000 calon mahasiswa peserta yang diselenggarakan di 98 perguruan tinggi negeri dibawah Kemdikbud dan beberapa Perguruan Tinggi Swasta yang akan diseleksi.

Buku aliran Bidikmisi Tahun 2014 ini merupakan revisi dari buku aliran Bidikmisi 2013 yang memuat perubahan dan hal-hal gres terkait ketentuan, mekanisme, organisasi pelaksana dan pengelolaan dana yang lebih lengkap. 

Dengan aliran ini dibutuhkan penyelenggaraan jadwal terutama proses seleksi dan penyaluran proteksi biaya hidup kepada mahasiswa akan berjalan dengan lebih baik, sehingga mahasiswa sanggup berprestasi serta menuntaskan studinya dengan lancar dan sempurna waktu, yang jadinya sanggup ikut andil dalam meneruskan usaha bangsa, memutus mata rantai kemiskinan.

Agar kualitas pelayanan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka para pimpinan dan atau pengelola perguruan tinggi dalam melaksanakan persiapan, pelaksanaan dan penilaian semoga mengacu pada aliran ini. Selain itu aliran ini dibutuhkan juga sanggup membantu calon mahasiswa atau mahasiswa peserta terkait dengan implementasi jadwal Bidikmisi.

Akhirnya kami memberikan penghargaan dan terima kasih kepada tim penyusun dan semua pihak yang telah membantu dalam mewujudkan Buku Pedoman Bidikmisi 2014 ini. (Kata Pengantar Dirjen Dikti : Bpk. Djoko Santoso)

Download selengkapnya Buku Pedoman Bidikmisi 2014 maupun Petunjuk Teknis / Juknis Bidikmisi 2014 bagi sekolah dan siswa, dengan klik pada links-links berikut :

Referensi artikel : http://bidikmisi.kemdikbud.go.id

0 Response to "Pedoman Penyelenggaraan Derma Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2014 Dan Juknis Bidikmisi Bagi Sekolah Dan Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel