Faktor Penentu Dan Faktor Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Sedikitnya ada dua faktor besar dalam keberhasilan kurikulum 2013. Pertama, faktor penentu, ialah kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. 

Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yakni ;

1. ketersediaan buku sebagai materi didik dan sumber berguru yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum;
2.   penguatan tugas pemerintah dalam pelatihan dan pengawasan; dan
3.   penguatan administrasi dan budaya sekolah.

Berkait dengan faktor pertama, Kemdikbud sudah mendesain taktik penyiapan guru sebagaimana digambarkan pada denah penyiapan guru yang melibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; pelatih diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widya swara, guru inti, pengawas, kepala sekolah; guru utama mencakup guru inti, pengawas, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.

Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan kurikulum 2013, ialah :
  • kompetensi pedagogi;
  • kompetensi akademik (keilmuan);
  • kompetensi sosial; dan
  • kompetensi manajerial atau kepemimpinan.

Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, dibutuhkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.

Kesiapan guru lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong akseptor didik, bisa lebih baik dalam melaksanakan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui sesudah mendapatkan materi pembelajaran dari guru-gurunya.

Melalui empat tujuan itu dibutuhkan siswa mempunyai kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Di sinilah guru berperan besar di dalam mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptif terhadap perubahan.

Referensi gambar dan artikel : Keberhasilan Kurikulum 2013 – Kemdikbud RI

0 Response to "Faktor Penentu Dan Faktor Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel