Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Dan Kompetensi Inti (Ki) Sd, Smp, Sma, Smk Kurikulum 2013
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share seputar Kurikulum 2013 yaitu mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI) SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 selengkapnya sebagai berikut.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013 untuk setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 wacana Standar Kompetensi Lulusan.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013 untuk setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 wacana Standar Kompetensi Lulusan.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SD KURIKULUM 2013 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan daerah bermain |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya. |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual dan konseptual menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan tragedi di lingkungan rumah, sekolah, dan daerah bermain |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sekolah Menengah Pertama KURIKULUM 2013 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulannya |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan tragedi yang tampak mata |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sekolah Menengan Atas KURIKULUM 2013 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara berdikari [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan talenta dan minatnya |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi [pada bidang kajian spesifik] sesuai talenta dan minatnya |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sekolah Menengah kejuruan KURIKULUM 2013 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara berdikari [pada bidang kerja spesifik] sesuai dengan talenta dan minatnya |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi [pada bidang kerja spesifik] sesuai talenta dan minatnya |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) – RINGKAS :
DOMAIN | SD | SMP | SMA-SMK |
Sikap | Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan | ||
PRIBADI YANG BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, PERCAYA DIRI, DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM BERINTERAKSI SECARA EFEKTIF DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL, ALAM SEKITAR, SERTA DUNIA DAN PERADABANNYA | |||
Keterampilan | Mengamati + Menanya + Mencoba + Menalar + Menyaji + Mencipta | ||
PRIBADI YANG BERKEMAMPUAN PIKIR DAN TINDAK YANG PRODUKTIF DAN KREATIF DALAM RANAH ABSTRAK DAN KONKRET | |||
Pengetahuan | Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi +Mencipta | ||
PRIBADI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, SENI, BUDAYA DAN BERWAWASAN KEMANUSIAAN, KEBANGSAAN, KENEGARAAN, DAN PERADABAN |
Gradasi antar Satuan Pendidikan memperhatikan:
1. Perkembangan psikologis anak
2. Lingkup dan kedalaman materi
3. Kesinambungan
4. Fungsi satuan pendidikan
5. Lingkungan
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) DAN KOMPETENSI INTI (KI) :
SKL | è | KOMPETENSI INTI |
SIKAP DAN PERILAKU: Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan | 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan pertanda sikap sebagai potongan dari solusi atas aneka macam permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan. | |
1. Beriman, berakhlak mulia (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun), rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal 2. Toleransi, gotong royong, kerjasama, dan musyawarah 3. Pola hidup sehat, ramah lingkungan, patriotik, dan cinta perdamaian | ||
KETERAMPILAN: Mengamati + Menanya + Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar + Mencipta | ||
1. Membaca, menulis, menghitung, menggambar, mengarang 2. Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, mencipta | ||
PENGETAHUAN: Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi | ||
1. Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya 2. Manusia, bangsa, negara, tanah air, dan dunia |
0 Response to "Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Dan Kompetensi Inti (Ki) Sd, Smp, Sma, Smk Kurikulum 2013"
Posting Komentar