Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Dalam implementasi kurikulum 2013, guru tidak hanya sekedar membiarkan penerima didik memperoleh/mengkonstruk pengetahuan sendiri, namun guru memberi setiap pinjaman yang diharapkan oleh penerima didik, menyerupai : bertindak sebagai fasilitator, mengatur/mengarahkan kegiatan-kegiatan belajar, memberi umpan balik, memperlihatkan penjelasan, memberi konfirmasi, dan lain-lain.
Peran guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada implementasi kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut :
1. Tahap mengamati: Membantu penerima didik menemukan/mendaftar/menginventarisasi apa saja yang ingin/perlu diketahui sehingga sanggup melakukan/menciptakan sesuatu.
2. Tahap Menanya: Membantu peseserta didik merumuskan pertanyaan menurut daftar hal-hal yang perlu/ingin diketahui semoga sanggup melakukan/menciptakan sesuatu.
3. Tahap Mencoba/mengumpulkan data (informasi): Membantu penerima didik merencanakan dan memperoleh data/informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
4. Tahap Mengasosiasikan/menganalisis/mengolah data (informasi): Membantu penerima didik mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan.
5. Tahap Mengkomunikasikan: Manager, pemberi umpan balik, pemberi penguatan, pemberi penjelasan/ isu lebih luas.
6. Tahap Mencipta: memberi contoh/gagasan, menyediakan pilihan, memberi dorongan, memberi penghargaan, sebagai anggota yang terlibat langsung.
0 Response to "Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013"
Posting Komentar