Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 & Panduan / Format Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran (Peer Teaching)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan Permendikbud nomor 65 tahun 2013 wacana Standar Proses : Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

1. Kegiatan Pendahuluan

a.   menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti  proses pembelajaran;
b.   memberi motivasi mencar ilmu siswa secara kontekstual sesuai manfaatdan aplikasi bahan latih dalam kehidupan sehari-hari, dengan menawarkan teladan dan perbandingan lokal, nasional daninternasional;
c.   mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi  yang akan dipelajari;
d.   menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e.   menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.

2. Kegiatan Inti

Kegiatan inti memakai model, metode, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik terpadu , saintifik , problem based learning, dan penyingkapan (discovery), pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan dilema (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

a. Sikap

Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih yaitu proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan. Seluruh acara pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakuan acara tersebut.

b. Pengetahuan

Pengetahuan dimiliki melalu iaktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta. Karakteritik aktivititas mencar ilmu dalam domain pengetahuan ini mempunyai perbedaan dan kesamaan dengan acara mencar ilmu alam domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan mencar ilmu berbasis penyingkapan/penelitian (discovery / inquiry learning). 

Untuk mendorong penerima didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan memakai pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan dilema (project based learning).

c. Keterampilan

Keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi bahan (topik dan subtopik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong siswa untuk melaksanakan proses pengamatan sampai penciptaan. 

Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melaksanakan pembelajaran yang menerapkan modus mencar ilmu berbasis penyingkapan / penelitian (discovery / inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan dilema (project based learning).

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru bersama siswa baik secara individualmaupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi:

a.   seluruh rangkaian acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.   melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk sumbangan tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan
d.   menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

PETUNJUK

Kompetensi : Mampu melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik

Tujuan Kegiatan : Melalui kegiatan peer-teaching, penerima bisa melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan  saintifik dan model pembelajaran yang sesuai

Langkah Kegiatan : 

Untuk fasilitator

       Jelaskanlah taktik kegiatan peer-teaching yang meliputi:
       Penentuan 5 orang guru model pada peer teaching
       Penentuan durasi waktu setiap peer-teaching yaitu 60 menit untuk persiapan dan pelaksanaan  
       Peserta lain yang bukan guru model bertugas sebagai pengamat dan mengisi Format Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
       Kegiatan diskusi untuk merelfeksi setiap sesi peer-teaching  pada setiap aspek pelaksanaan pembelajaran dalam format penilaian
       Memandu kegiatan peer-teaching dan diskusi refleksi
       Mengumpulkan format penilaian pelaksanaan pembelajaran yang telah diisi oleh peserta

Untuk Peserta

       Bacalah format  Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran untuk sanggup memahami setiap aspek yang dinilai
       Pelajari RPP yang akan ditampilkan oleh guru model
       Amatilah secara seksama proses pelakasaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model
    Berikan tanda centang (√) pada kolom  pilihan Ya atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran
       Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran

Download format peer teaching / pengamatan pelaksanaan pembelajaran, silahkan klik di sini... Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

0 Response to "Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 & Panduan / Format Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran (Peer Teaching)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel