Sistem Evaluasi Kurikulum 2013, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, Dan Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum 2013
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.
Penilaian merupakan serangkaian acara untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data ihwal proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi gosip yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.
Penilaian merupakan serangkaian acara untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data ihwal proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi gosip yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian sanggup dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sesudah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)
I. PRINSIP PENILAIAN KURIKULUM 2013
1. Sahih
2. Objektif
3. Adil
4. Terpadu
5. Ekonomis
6. Transparan
7. Menyeluruh dan kesinambungan
8. Sistematis
9. Akuntabel
10. Edukatif
II. PENDEKATAN PENILAIAN KURIKULUM 2013
1. Pendekatan evaluasi yang dipakai yaitu evaluasi contoh kriteria (PAK)
2. PAK merupakan evaluasi pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
3. KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
4. KKM Sikap : Baik
III. RUANG LINGKUP PENILAIAN KURIKULUM 2013
1. Sikap :
a. Observasi
b. Penilaian diri
c. Penilaian antar peserta didik
d. Jurnal
2. Pengetahuan :
a. Tes Tulis
b. Tes Lisan
c. Penugasan
3. Keterampilan :
a. Tes Praktek
b. Projek
c. Portofolio
IV. SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2013
NO. | JENIS PENILAIAN | PELAKU | WAKTU |
1 | Penilaian otentik | Guru | Berkelanjutan |
2 | Penilaian diri | Siswa | Tiap kali sebelum ulangan harian. |
3 | Penilaian projek | Guru | tiap final potongan atau tema pelajaran |
4 | Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan) | Guru | terintegrasi dengan proses pembelajaran |
5 | Ulangan Tengah dan Akhir Semester | Guru (di bawah koordinasi satuan pendidikan) | Semesteran |
6 | Ujian Tingkat Kompetensi | Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah) | Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN |
7 | Ujian Mutu Tingkat Kompetensi | Pemerintah | Tiap final tingkat kompetensi (yang bukan final jenjang sekolah) |
8 | Ujian Sekolah | Sekolah (sesuai dengan peraturan) | Akhir jenjang sekolah |
9 | Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada final jenjang satuan pendidikan. | Pemerintah (sesuai dengan peraturan) | Akhir jenjang sekolah |
0 Response to "Sistem Evaluasi Kurikulum 2013, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, Dan Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum 2013"
Posting Komentar