Download Petunjuk Teknis / Juknis Bos Sma Tahun 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam rangka pelaksanaan Program Pendidikan Menengah Universal (PMU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Menengan Atas diseluruh Indonesia. 

Program BOS Sekolah Menengan Atas yang merupakan agenda utama (icon) PMU ini diperlukan bisa membantu memenuhi biaya operasional sekolah dan memperlihatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu terutama bagi siswa miskin.

BOS Sekolah Menengan Atas ialah agenda Pemerintah berupa pemberian dana pribadi ke sekolah dimana besaran dana dukungan yang diterima sekolah dihitung menurut jumlah siswa masing-masing sekolah dan satuan biaya (unit cost) bantuan.

Dana BOS Sekolah Menengan Atas dipakai untuk membantu sekolah memenuhi biaya operasional sekolah non personalia. Sebagai wujud keberpihakan terhadap siswa miskin atas pengalokasian dana BOS Sekolah Menengan Atas tersebut, sekolah diwajibkan untuk membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) siswa miskin dari kewajiban membayar iuran sekolah dan biaya-biaya untuk aktivitas ekstrakurikuler siswa.

Jumlah siswa dan besaran dana iuran sekolah serta biaya ekstrakurikuler siswa yang dibebaskan atau menerima dispensasi biaya pendidikan menjadi kebijakan (diskresi) sekolah dengan mempertimbangkan faktor jumlah siswa miskin yang ada, dana yang diterima dan besarnya biaya sekolah.

Pada tahun 2014 ini, dialokasikan dana BOS Sekolah Menengan Atas sebesar Rp. 4,3 triliun. Bantuan disalurkan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pribadi ke sekolah. Pelaksanaan agenda BOS Sekolah Menengan Atas mengikuti anutan yang disusun oleh Pemerintah, dengan mengutamakan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS) yaitu dilaksanakan secara swakelola dan partisipatif, transparan, akuntabel, demokratis, efektif, efisien, tertib manajemen dan pelaporan, serta saling percaya.

Kami menyadari bahwa petunjuk teknis ini masih memerlukan penyempurnaan secara berkala, namun demikian kami berharap sanggup memperlihatkan layanan pendidikan menengah yang terjangkau dan bermutu bagi seluruh siswa. (Direktur Pembinaan SekolahMenengah Atas, Ir. Harris Iskandar, Ph.D.)

Download / unduh Juknis BOS Sekolah Menengan Atas tahun 2014, silahkan klik di sini... Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

0 Response to "Download Petunjuk Teknis / Juknis Bos Sma Tahun 2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel