Cara / Tips Sinkronisasi Berhasil V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Rekan-rekan OPS Dikdas di manapun Anda berada, berikut saya share tips sync v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2013 untuk melengkapi artikel saya sebelumnya.

Semoga saja sanggup menjadi solusi sync berhasil pada v.2.0.7 sekaligus saling menyebarkan pengalaman gotong royong di sini dan pastinya saya berharap biar artikel kali ini bermanfaat bagi seluruh rekan operator sekolah.


Dan pribadi saja saya coba ulas tips syncronisasi sekaligus saya mencoba paparkan hal-hal yang berkaitan dengan tips ini, sebagai berikut :

1.      Gunakan web browser “Chrome”.

2.      Seperti biasa, validasi 0, klik “Update Versi Terbaru” sehabis terupdate, klik kembali “Sinkronisasi”.

3.  Pastikan HANYA PROSES SINKRONISASI APLIKASI DAPODIKDAS SAJA yang “menguasai” prosesor komputer PC / laptop hingga sinkronisasi berhasil dengan tepat (kalau perlu ditinggal sejenak, sambil istirahat, makan, dll).

4.  Gunakan koneksi online / PAKET INTERNET “SUPER CEPAT” (HSDPA ataupun 3G), setahu saya HSDPA (3,5 G) maupun yang 3 G. Untuk perlu diketahui, jangkauan HSDPA akan menyempit bila penggunanya bertambah banyak. Kaprikornus bila BTS (Base Transceiver Station) dengan maksimal / limit pengguna radius sekitar 2 km dari tower, bila pengguna makin bertambah maka radius jangkauannnya juga akan semakin menyempit.

Misalnya yang seharusnya sanggup menjangkau hingga 2 Km ibarat di atas sanggup menjadi 1,5 atau bahkan s.d hanya beberapa ratus meter saja dari tower BTS-nya, sehingga hal ini otomatis sanggup menyebabkan pengguna yang berada di jarak 2 km tadi akan kehilangan sinyal HSDPA dan diganti sinyal 3G yang tentunya radius jangkauannya lebih luas dari HSDPA.

Pada kemudahan layanan koneksi internet 3G pun sama ibarat halnya HSDPA (3,5 G), semakin banyak pengguna 3G, maka radius jangkauan 3G yang sanggup memakai kecepatan jaringan terusan internetnya pun radiusnya semakin berkurang, sehingga walaupun 3 G kecepatan terusan internetnya “lelet”/ lambat. Maka, proses sinkronisasi yang dilakukan yang jaraknya semakin erat dengan tower BTS dari Operator Seluler yang digunakan, maka kemungkinan berhasil sync juga lebih besar.

5.  Berdasarkan pengalaman pribadi dikala membantu Rekan-rekan OPS, SINKRONISASI ONLINE berhasil dilakukan pada sekitar jam 05.00 s.d. 07.00 WIB (jam pagi), jam 05.00 s.d. 07.00 WIB (jam sore hari), dan pada jam 22.00 s.d. 11.45 WIB (jam malam), mohon maaf pada jam siang tidak ada pengalaman yang saya temui berhasil.

6.      Melakukan sync sesuai kegiatan terbaru yang sebelumnya hari Sabtu – Minggu bebas, namun dikala ini berlaku hanya untuk beberapa wilayah ibarat pada gambar di atas.

7.      Pastikan versi update database sudah v.2.0.7 dan pengaturan waktu dan tanggal dalam Indonesia pada jam sekarang.

8.      1 tips sync : gagal sync, putuskan koneksi internet, kemudian connect lagi, sync kembali, sebagian besar sistem komputer otomatis berganti IP dengan tips ini (walaupun kartu GSM tidak diganti baru).

Untuk sementara hingga di sini dulu Sahabat Operator Sekolah, biar berhasil... Amiin... Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Cara / Tips Sinkronisasi Berhasil V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel