Website / Situs Resmi Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Kemdikbud Ri Tahun 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berdasarkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Republik Indonesia, bahwasannya Program BSM ialah Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh terusan pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung kegiatan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan sampai tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran kegiatan sekolah.

Melalui Program BSM ini dibutuhkan anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin sanggup terus bersekolah, tidak putus sekolah, dan di masa depan dibutuhkan mereka sanggup memutus rantai kemiskinan yang dikala ini dialami orang tuanya. 

Program BSM juga mendukung komitmen pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan di Kabupaten/Kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

Program ini bersifat santunan eksklusif kepada siswa dan bukan beasiswa, alasannya menurut kondisi ekonomi siswa dan bukan menurut prestasi (beasiswa) mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Dana BSM diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi dengan besaran sebagai berikut:
  • BSM SD & MI sebesar Rp. 360.000,- per tahun
  • BSM Sekolah Menengah Pertama & MTs sebesar Rp. 550.000,- per tahun
  • BSM SMA, Sekolah Menengah kejuruan & MI sebesar Rp. 780.000,- per tahun, dan
  • BSM Perguruan Tinggi sebesar Rp. 1.200.000,- per tahun.

Di jenjang pendidikan tinggi, kegiatan beasiswa bagi anak kurang bisa juga digulirkan pemerintah dengan nama santunan mencar ilmu mahasiswa miskin ber-IPK 2,5, dan beasiswa bidik misi. Bidik misi bertujuan untuk meningkatkan terusan dan kesempatan mencar ilmu di perguruan tinggi bagi peserta didik yang berpotensi akademik memadai dan kurang bisa secara ekonomi.

Sehubungan dengan kegiatan BSM ini, dikala ini telah dirilis situs resmi / website Bantuan Siswa Miskin oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada URL http://bsm.kemdikbud.go.id, dan sampai artikel ini dirilis, situs telah sanggup diakses dan di sana akan sanggup dilihat rekapitulasi ataupun jumlah penerimaan BSM pada daerah, kabupaten/kota se-Indonesia, di antaranya :

Laporan realisasi BSM keseluruhan, data realisasi Beasiswa Siswa Miskin (BSM) per-periode tertentu, wilayah, nama bank, quota sasaran, SP2D, pembuatan rekening siswa, sudah pindah buku atau belum, sudah diambil siswa atau belum, serta rincian jumlah siswa maupun jumlah rincian penerimaan dananya yang berafiliasi dengan BSM.

Selain itu, Direktorat Pembinaan SD Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia juga telah merilis situs “Jaring BSM” sebagai Aplikasi Monitoring Rekapitulasi Penyaluran Bantuan Siswa Miskin dari setiap tempat di Indonesia nantinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… ...!

Referensi artikel : http://bsm.kemdikbud.go.id, http://www.tnp2k.go.id

0 Response to "Website / Situs Resmi Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Kemdikbud Ri Tahun 2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel