Cara Memakai Internet Yang Sehat Dan Kondusif (Insan)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pemanfaatan internet telah mengubah contoh hidup dan budaya insan dalam belajar, bekerja, berkomunikasi, berbelanja dan aspek lainnya. 

Saat ini masyarakat lebih banyak memakai internet dalam berkomunikasi ibarat surat elektronik (e-mail), serta jejaring sosial (social networking) yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Markplus Insight, jumlah pengguna internet Indonesia didominasi oleh generasi muda berusia 15-30 tahun yang disebut “netizen”. Mereka berkomunikasi di dunia maya sama ibarat mereka berkomunikasi di dunia nyata. Demikian juga informasi yang didapatkan semakin terbuka baik konten positif maupun negatif.


Pengaruh konten negatif sudah sering diberitakan di banyak sekali media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan informasi bohong. Selain itu penggunaan jejaring sosial juga mempunyai dampak negatif, salah satunya yaitu cyber bullying yang biasanya menimpa bawah umur dan sesama remaja. Bahkan kejahatan dunia maya yang dikenal sebagai cybercrime sudah hingga pada peretasan situs-situs penting dalam negeri.

Untuk menghindari kejahatan di dunia maya, selalu ditekankan prinsip dasar yang harus diketahui dalam memakai internet. Prinsip dasar di dunia faktual berlaku pula di dunia maya. Penggunaan internet secara sehat dan kondusif perlu ditanamkan sejak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat (cyber ethics). Hal ini perlu disampaikan untuk menghindari kebiasaan buruk di dunia faktual akan terbawa di dunia maya dan menjadikan kembali imbas negatif di dunia nyata.

Program INSAN diselenggarakan dalam bentuk sosialisasi, road show, dan lembaga diskusi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Media yang dipakai dalam kegiatan sosialisasi INSAN antara lain media tatap muka, internet, televisi, radio, cetak, media luar ruang dan animasi. Di samping itu juga dilakukan kegiatan bersifat interaktif ibarat lomba game insan dan interaksi pribadi dengan masyarakat di area publik.

Pelaksanaan sosialisasi INSAN selalu melibatkan banyak sekali pemangku kepentingan, contohnya pemerintah daerah, ICT Watch, ID Kita Kompasiana, Yayasan Kita dan Buah Hati, serta AWARI. “Insan Masuk Pesantren” merupakan salah satu kegiatan yang didukung oleh Relawan TIK di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kehadiran internet sehat dan kondusif juga disosialisasikan kepada orang renta dan guru alasannya yaitu pemanfaatan internet juga merupakan tanggung jawab orang renta dalam mengawasi putra-putrinya biar terhindar dari konten negatif, dan mendorong untuk lebih cerdas dalam membuat kreativitas.

Sosialisasi INSAN diselenggarakan di beberapa lokasi di seluruh Indonesia, bahkan telah mencapai kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia (Entikong, Kalimantan Barat).

Pada bulan Mei 2012, Ditjen Aplikasi Informatika mendapatkan piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) di Manado untuk pemecahan rekor “Pemrakarsa Sosialisasi Internet dengan Peserta Terbanyak”.

Sejak tahun 2012 Ditjen Aplikasi Informatika berafiliasi dengan Asia Internet Coalition (AIC) yang terdiri dari Google, Yahoo, Ebay, Skype, dan PayPal melakukan sosialisasi INSAN untuk memperingati Hari Internet Sehat Sedunia (Safer Internet Day) di Jakarta.

Salah satu bentuk sosialisasi INSAN lainnya yaitu Kominfo Goes To Mall yang merupakan hasil kerjasama antara Ditjen Aplikasi Informatika, Balitbang SDM Kemkominfo, dan Pemda terkait.

Kegiatan Kominfo Goes To Mall berupa talk show, dengan narasumber Menteri Kominfo, dan beberapa tokoh di bidang komunikasi informatika. Selain talk show, Kominfo Goes To Mall juga diisi dengan training literasi internet, yaitu wacana pemanfaatan internet.

Kunjungi Website INSAN (Internet Sehat dan Aman), di sana akan terdapat beberapa artikel menarik seputar bagaimana caranya biar memanfaatkan kemudahan internet dengan sehat dan juga kondusif tentunya, di antaranya :

Referensi artikel : Keminfo, INSAN

0 Response to "Cara Memakai Internet Yang Sehat Dan Kondusif (Insan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel