Bagaimana Cara Dan Solusi Mengatasi Contraint Failed Ketika Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ?

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Semakin kompleks saja tantangan-tantangan yang harus dipecahkan oleh kita semua, khususnya tim pengembang aplikasi dapodikdas 2013/2014. 

Memang secara umum, dibandingkan dengan Dapodik 2012, secara teknis lebih gampang daripada aplikasi Dapodikdas 2013 kini ini. 

Walaupun demikian, sebagai OPS kita memang perlu terus mencari sumber info yang sanggup diandalkan perihal penanganan pada aneka macam masalah-masalah yang ada ketika ini.


Masalah terbaru terkait aplikasi Dapodikdas 2013 ini salah satunya munculnya konfirmasi sesaat sehabis proses sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas 2013/2014 dilakukan. Tentu tidak semua OPS yang mengalami duduk masalah “Contrain Failed”, namun tidak sedikit pula yang mengalaminya (padahal dalam validasi, invalidnya “0” dan aplikasi Dapodikdas yang dipakai untuk sinkronisasi telah diupgrade ke versi 2.0.3).

Secara bahasa “Contrain Failed” merupakan adanya suatu hambatan yang mengakibatkan sebuah proses tidak sanggup tuntas dilakukan (gagal), jikalau flash back ke Dapodik 2012 mungkin diantara teman-teman OPS ada yang mengalami hal yang hampir sama dengan “Contrain Failed” ini, pada aplikasi Dapodik 2012 saya sendiri pernah menemui permasahan yang kurang lebih sama menyerupai ini, ketika itu, proses sinkronisasi data tidak ada dalam tab sajian pada halaman utama, yang ada yaitu “Kirim ke Server”.

Dan ketika saya lakukan proses “Kirim ke server” sehabis divalidasi invalid “0” serta telah diclean up, tak menyerupai biasanya, pengiriman data berhenti pada indikator angka 100 % saja, padahal untuk ketuntasan pengiriman data waktu itu harus hingga ada konfirmasi “Selesai”. Diulang pada hari yang berbeda, bahkan dengan koneksi internet yang optimal.

Hingga alhasil saya berspekulasi uninstall aktivitas aplikasi sehabis “Backup Local”, kemudian install aplikasi lagi, restore Db, dan harus memetakan ulang PTK serta Peserta Didik, 2 hari berikutnya, saya coba kembali “kirim ke server” dan alhamdulillah berhasil 100 % serta ada konfirmasi “Selesai”, tidak menyerupai yang sebelumnya, berhasil 100 %, namun konfirmasi “Selesai” tidak pernah muncul hingga saya cek di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id memang data belum terkirim.

Begitu juga dengan konfirmasi “Contrain Failed” (adany hambatan yang mengakibatkan proses sinkronisasi gagal), insya Allah… bagi rekan-rekan OPS yang sedang mengalami hambatan ini akan segera mendapat solusinya, alasannya yaitu permasalahan terkait “Contrain Failed” versi 2.3.0 ini yaitu salah satu “PR” yang sedang dalam proses penanganan masalahnya oleh tim Pengembang Dapodikdas 2013 khususnya oleh programmer-programmernya.

Jika ada di antara rekan-rekan OPS yang telah mengetahui solusi perihal duduk masalah ini, silahkan dishare melaui blog ini, atau melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas. Insya Allah..., jikalau saya sudah mendapat solusi perihal permasalahan adanya konfirmasi "Contrain Failed" sesaat sehabis proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdas 2013 dilakukan, akan segera saya share melalui blog personal saya ini juga.

Bagi rekan-rekan OPS semuanya. Untuk mendapat info terupdate mengenai penanganan duduk masalah “Contrain Failed” ini nantinya, silahkan bergabung pada Grup Info Pendataan Ditjen Dikdas. Terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Bagaimana Cara Dan Solusi Mengatasi Contraint Failed Ketika Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel