Model Pembelajaran Pribadi (Direct Instruction)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Proses pembelajaran eksklusif yaitu proses pendidikan di mana penerima didik menyebarkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi eksklusif dengan sumber mencar ilmu yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Dalam pembelajaran eksklusif tersebut penerima didik melaksanakan aktivitas mencar ilmu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam aktivitas analisis. 

Proses pembelajaran eksklusif menghasilkan pengetahuan dan keterampilan eksklusif atau yang disebut dengan instructional effect.

Ciri-ciri model pembelajaran eksklusif antara lain:

a.   Adanya tujuan pembelajaran dan mekanisme evaluasi hasil belajar
b.   Sintaks atau tumpuan keseluruhan dan alur aktivitas pembelajaran
c.   Sistem pengelolaan dan lingkungan mencar ilmu yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pengajaran

Sintaks aktivitas pembelajaran langsung
Fase
Indikator
Peran Guru
1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Menjelaskan tujuan , bahan prasyarat, memotivasi dan mempersiapkan siswa
2
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
Mendemonstrasikan ketrampilan atau menyajika info tahap demi tahap
3
Membimbing training
Memberikan latihan terbimbing
4
Mengecek pemahaman dan memperlihatkan umpan balik
Mengecek kamampuan siswa dan memberi kan umpan balik
5
Memberikan latihan dan penerapan konsep
Mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari 

0 Response to "Model Pembelajaran Pribadi (Direct Instruction)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel