Daftar Tema Kurikulum 2013 Sd/Mi Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 Lengkap – Tematik Terpadu ; Integrasi Intradisipliner, Interdisipliner, Multidisipliner, Dan Transdisipliner

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD/MI dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I hingga Kelas VI. 

Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikecualikan untuk tidak memakai pembelajaran tematik-terpadu.

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan aneka macam kompetensi dari aneka macam mata pelajaran ke dalam aneka macam tema ibarat yang terdapat dalam tabel berikut ini.

Daftar Tema Kelas I, II, dan III
Kelas I
Kelas II
Kelas III

1. Diriku


1. Hidup rukun


1. Perkembangbiakan binatang dan tumbuhan


2. Kegemaranku


2. Bermain di lingkunganku


2. Perkembangan teknologi


3. Kegiatanku


3. Tugasku sehari-hari


3. Perubahan di alam


4. Keluargaku


4. Aku dan sekolahku


4. Peduli lingkungan


5. Pengalamanku


5. Hidup higienis dan sehat


5. Permainan tradisional


6. Lingkungan bersih, sehat, dan asri


6. Air, bumi, dan matahari


6. Indahnya persahabatan


7. Benda, hewan, dan tumbuhan di sekitarku


7. Merawat binatang dan tumbuhan


7. Energi dan perubahannya


8. Peristiwa alam


8. Keselamatan di rumah dan perjalanan


8. Bumi dan alam semesta

Daftar Tema Kelas IV, V, dan VI
Kelas IV
Kelas V
Kelas VI

1.Indahnya kebersamaan


1. Benda-benda di lingkungan sekitar


1. Selamatkan makhluk hidup


2. Selalu berhemat energi


2. Peristiwa dalam kehidupan


2. Persatuan dalam perbedaan


3. Peduli terhadap lingkungan hidup


3. Kerukunan dalam bermasyarakat


3. Tokoh dan penemu


4. Berbagai pekerjaan


4.  Sehat itu penting


4. Globalisasi


5. Pahlawanku


5. Bangga sebagai bangsa indonesia


5. Wirausaha


6. Indahnya negeriku


6. Organ badan insan dan hewan


6. Kesehatan masyarakat


7. Cita-citaku


7. Sejarah peradaban Indonesia


7. Organisasi di sekitarku


8. Tempat tinggalku


8. Ekosistem


8.Bumiku


9. Makananku sehat dan bergizi


9. Lingkungan sobat kita


9. Menjelajah angkasa luar

Pendekatan yang dipakai untuk mengintegrasikan Kompetensi Dasar dari aneka macam mata pelajaran yaitu intradisipliner, interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.

Integrasi intradisipliner dilakukan dengan cara mengintegrasikan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan menjadi satu kesatuan yang utuh di setiap mata pelajaran.

Integrasi interdisipliner dilakukan dengan menggabungkan Kompetensi DasarKompetensi Dasar beberapa mata pelajaran supaya terkait satu dengan yang lainnya, sehingga sanggup saling memperkuat, menghindari terjadinya tumpang tindih, dan menjaga keselarasan pembelajaran.

Integrasi multidisipliner dilakukan tanpa menggabungkan Kompetensi Dasar tiap mata pelajaran sehingga tiap mata pelajaran masih mempunyai Kompetensi Dasarnya sendiri.

Integrasi transdisipliner dilakukan dengan mengaitkan aneka macam mata pelajaran yang ada dengan permasalahanpermasalahan yang dijumpai di sekitarnya sehingga pembelajaran menjadi kontekstual. Tema merajut makna aneka macam konsep dasar sehingga penerima didik tidak berguru konsep dasar secara parsial. Dengan demikian, pembelajarannya memperlihatkan makna yang utuh kepada penerima didik ibarat tercermin pada aneka macam tema yang tersedia. Tematikterpadu disusun menurut campuran proses integrasi ibarat dijelaskan di atas sehingga berbeda dengan pengertian tematik ibarat yang diperkenalkan pada kurikulum sebelumnya.

Selain itu, pembelajaran tematik terpadu ini juga diperkaya dengan penempatan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I, II, dan III sebagai penghela mata pelajaran lain. Melalui perumusan Kompetensi Inti sebagai pengikat aneka macam mata pelajaran dalam satu kelas dan tema sebagai pokok bahasannya, sehingga penempatan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai penghela mata pelajaran lain menjadi sangat memungkinkan.

Penguatan tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dilakukan secara utuh melalui penggabungan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial ke dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kedua ilmu pengetahuan tersebut mengakibatkan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menjadi kontekstual, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menarik.

Pendekatan sains ibarat itu terutama di Kelas I, II, dan III mengakibatkan semua mata pelajaran yang diajarkan akan diwarnai oleh Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk fasilitas pengorganisasiannya, Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar kedua mata pelajaran ini diintegrasikan ke mata pelajaran lain (integrasi interdisipliner).

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diintegrasikan ke Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika.

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diintegrasikan ke Kompetensi Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia, ke Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan ke Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika.

Sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI, Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial masingmasing bangkit sendiri, sehingga pendekatan integrasinya yaitu multidisipliner, walaupun pembelajarannya tetap memakai tematik terpadu.

Prinsip pengintegrasian interdisipliner untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial ibarat diuraikan di atas sanggup juga diterapkan dalam pengintegrasian muatan lokal.

Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan seni, budaya, keterampilan, dan bahasa tempat diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan tempat diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

0 Response to "Daftar Tema Kurikulum 2013 Sd/Mi Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 Lengkap – Tematik Terpadu ; Integrasi Intradisipliner, Interdisipliner, Multidisipliner, Dan Transdisipliner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel