Materi Mos / Mopdb : Sikap Hidup Higienis Dan Sehat (Phbs) Di Sekolah – Perjuangan Kesehatan Sekolah (Uks)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Memperkenalkan dunia kesehatan pada belum dewasa di sekolah, seyogyanya tidak terlalu susah sebab pada umumnya tiap sekolah sudah mempunyai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Pengertian UKS ialah perjuangan untuk membina dan menyebarkan kebiasaan serta sikap hidup sehat pada akseptor didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu. 

Dalam UU Nomor 36 Tahun 2009 pasal 79 ihwal Kesehatan, ditegaskan bahwa ”Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat akseptor didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga akseptor didik sanggup belajar, tumbuh dan berkembang secara serasi dan setinggi-tingginya sehingga dibutuhkan sanggup menjadi sumber daya insan yang berkualitas.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi mencar ilmu akseptor didik dengan meningkatkan sikap hidup higienis dan sehat serta derajat kesehatan akseptor didik dan menyiptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang serasi dan optimal dalam rangka pembentukan insan Indonesia seutuhnya.

Ruang lingkup dan tujuan UKS tidak lain mengarah pada praktik sikap hidup higienis dan sehat (PHBS) di sekolah. Karena terdiri dari sekumpulan sikap yang dipraktikkan oleh akseptor didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Sehingga secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri bisa mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS di Sekolah :

a.   Menyuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun.
b.   Mengonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah.
c.   Menggunakan jamban yang higienis dan sehat.
d.   Olahraga yang teratur dan terukur.
e.   Memberantas jentik nyamuk.
f.    Tidak merokok di sekolah.
g.   Menimbang berat tubuh dan mengukur tinggi tubuh setiap bulan.
h.   Membuang sampah pada tempatnya.

0 Response to "Materi Mos / Mopdb : Sikap Hidup Higienis Dan Sehat (Phbs) Di Sekolah – Perjuangan Kesehatan Sekolah (Uks)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel