Materi Mos / Mopdb (Masa Orientasi Siswa / Penerima Bimbing Baru) : Wawasan Wiyata Mandala

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan bagikan info Materi MOS / MOPDB (Masa Orientasi Siswa / Peserta Didik Baru) ialah Wawasan Wiyata Mandala selengkapnya sebagai berikut:

Dengan memperhatikan kondisi sekolah dan masyarakat remaja ini yang umumnya masih dalam taraf perkembangan, maka upaya training kesiswaan perlu diselenggarakan untuk menunjang perwujudan sekolah sebagai Wawasan Wiyatamandala.

Berdasarkan surat Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah nomor: 13090/CI.84 tanggal 1 Oktober 1984 perihal Wawasan Wiyatamandala sebagai sarana ketahanan sekolah, maka dalam rangka perjuangan meningkatkan training ketahanan sekolah bagi sekolah-sekolah di lingkungan training Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen pendidikan dan kebudayaan, mengeterapkan Wawasan Wiyatamandala yang merupakan konsepsi yang mengandung anggapan-anggapan sebagai berikut:

1. Sekolah merupakan wiyatamandala (lingkungan pendidikan) sehingga dihentikan dipakai untuk tujuan-tujuan di luar bidang pendidikan.

2. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh proses pendidikan dalam lingkungan sekolahnya, yang harus menurut Pancasila dan bertujuan untuk:

a.   Meningkatkan ketakwaan teradap Tuhan Yang Maha Esa,
b.   Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan,
c.   Mempertinggi akal pekerti,
d.   Memperkuat kepribadian,
e.   Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

3.  Antara guru dengan orang bau tanah siswa harus ada saling pengertian dan kerjasama yang baik untuk mengemban kiprah pendidikan.

4.   Para guru, di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan gambaran guru sebagai insan yang sanggup digugu (dipercaya) dan ditiru, betapapun sulitnya keadaan yang melingkunginya.

5. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya, namun harus mencegah masuknya perilaku dan perbuatan yang sadar atau tidak, sanggup menjadikan kontradiksi antara kita sama kita.

Untuk mengimplementasikan Wawasan Wiyatamandala perlu diciptakan suatu situasi di mana siswa sanggup menikmati suasana yang serasi dan menjadikan kecintaan terhadap sekolahnya, sehingga proses mencar ilmu mengajar, acara kokurikuler, dan ekstrakurikuler sanggup berlangsung dengan mantap.

Upaya untuk mewujudkan Wawasan Wiyatamandala antara lain dengan membuat sekolah sebagai masyarakat belajar, training Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), acara kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler, serta membuat suatu kondisi kemampuan dan ketangguhan ialah mempunyai tingkat keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan yang mantap. (Sumber rujukan artikel : Wikipedia)


0 Response to "Materi Mos / Mopdb (Masa Orientasi Siswa / Penerima Bimbing Baru) : Wawasan Wiyata Mandala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel