Download Panduan Evaluasi Pencapaian Kompetensi Penerima Latih Smp Pada Implementasi Kurikulum 2013

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Implementasi Kurikulum 2013, termasuk untuk jenjang SMP (SMP) berimplikasi model evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik. Penilaian pencapaian kompetensimerupakan proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi isu untuk memilih sejauhmana penerima didik telah mencapai tujuan pembelajaran.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2013 tentang  Standar Penilaian Pendidikan, evaluasi pencapaian kompetensi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, pemerintah dan/atau forum mandiri.

Penilaian pencapaian kompetensi oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, dan perkembangan pencapaian kompetensi penerima didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan secara  berkesinambungan. 

Penilaian juga sanggup memperlihatkan umpan balik kepada pendidik semoga sanggup menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran.

Data yang diperoleh pendidik selama pembelajaran berlangsung dijaring dan dikumpulkan melalui mekanisme dan alat evaluasi yang sesuai dengan kompetensi atau indikator yang akan dinilai. Melalui proses tersebut, diperoleh potret/profil kemampuan penerima didik dalam mencapai sejumlah kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikulum masing-masing satuan pendidikan (SMP).

Penilaian oleh pendidik merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan isu melalui sejumlah bukti yang memperlihatkan pencapaian kompetensi penerima didik, pengolahan, dan pemanfaatan isu perihal pencapaian kompetensi penerima didik.

Penilaian pencapaian kompetensidilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan penerima didik memperlihatkan apa yang dipahami dan bisa dikerjakannya. Pencapaian kompetensi seorang penerima didik dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan hasil yang dimiliki penerima didik tersebut sebelumnya dan tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan penerima didik lainnya.  Dengan demikian penerima didik tidak merasa dihakimi oleh pendidik tetapi dibantu untuk mencapai kompetensi atau indikator yang diharapkan.

Penyusunan perencanaan, pelaksanaan,pengolahan hasil penilaian, serta pemanfaatannya merupakan rangkaian acara yang utuh dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Agar guru sanggup melaksanakan serangkaian acara tersebut dengan baik, perlu ada panduan evaluasi yang sanggup dijadikan sebagai salah satu pola atau tumpuan bagi mereka.

Panduan evaluasi ini bertujuan untuk:

1. Memberikan orientasi kepada para pendidiktentang evaluasi pencapaian kompetensisesuai Kurikulum 2013;

2.   Memberikan rambu-rambu evaluasi kompetensi pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

3.   Memberikan prinsip-prinsip pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.

Isi panduan evaluasi ini  meliputi antara lain evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilanserta model laporan hasil pencapaian kompetensi penerima didik beserta petunjuk pengisiannya. Hal tersebut meliputi pengertian, cakupan, perumusan indikator, teknik evaluasi dan bentuk instrumen, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan hasil penilaian. 

Panduan penilaian ini diperuntukkan / sasaran terutama bagi:

1.   Para pendidik di SMP sebagai pedoman dalam menyusun rancangan dan pelaksanaan evaluasi serta Laporan Hasil Pencapaian kompetensi;

2.   Pelaksana pengawasan pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk merancang  jadwal supervisi pendidikan yang berkaitan dengan evaluasi di sekolah;

3.   Pihak-pihak lain yang terkait dengan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Salah satu parameter utama keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 yakni tercapainya keefektifan pembelajaran, yaitu dengan dicapainya tujuan pembelajaran oleh penerima didik secara optimal sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut diharapkan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Melalui panduan  ini diharapkan pendidik sanggup menguasai evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik, baik konsep, pengembangan dan penerapannya sesuai mata pelajaran yang diampunya. Pendidikyang baik tidak akan pernah berhenti berguru guna meningkatkan kompetensi dan kinerjanya.

Semoga, para pendidik diberi akomodasi dan hikmat dalam memahami panduan ini dan menerapkannya untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran dan penilaian. Pada akhirnya, penerima didik sanggup mencapai kompetensi jasus pelajaran secara bermakna, luas dan mendalam serta sanggup menerapkannya pada banyak sekali konteks kehidupan sesuai dengan semangat Kurikulum 2013. Dengan demikian, upaya peningkatan mutu pendidikan yang berkeadilan sanggup tercapai.

Download / unduh Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Implementasi Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut, dan untuk download (unduh) Model Rapor / Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

0 Response to "Download Panduan Evaluasi Pencapaian Kompetensi Penerima Latih Smp Pada Implementasi Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel