Penjelasan Aplikasi Dapodikmen 2014 – Operator Sekolah Dapodikmen Tidak Harus Entry Ulang Data-Data Sekolah

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Aplikasi Dapodikmen 2014 merupakan perkembangan dari aplikasi PAS (Paket Aplikasi Sekolah), sehingga bukan merupakan aplikasi gres yang mengharuskan operator sekolah mendata ulang data-data sekolah. 

Untuk pemutakhiran data, operator sekolah sanggup melengkapi data PAS yang menyesuaikan dengan struktur data Dapodikmen dengan tujuan mendapat data yang akurat dan lengkap.

Untuk sanggup menjalankan aplikasi Dapodikmen, pengguna aplikasi sanggup mengunduhnya di alamat dapo.dikmenSpesifikasi minimal perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan ialah processor minimal pentium IV, memory minimal 512 MB, storage tersisa minimal 100 MB, dan CD/DVD drive, jikalau instalasi dilakukan melalui media CD/DVD.

Sedangkan spesifikasi minimal perangkat lunak (software/operating system) yang dibutuhkan ialah Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7 32 & 64 Bit, Windows 8 32 & 64 Bit, dan Windows 8.1 32 & 64 Bit.

Kemudian untuk browser sanggup memakai Google Chrome (sangat disarankan dan higienis dari plugins-plugins), Opera, dan Mozila Firefox.

Pengguna aplikasi Dapodikmen terdiri dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), penerima didik, dan operator sekolah, yang mempunyai kiprahnya masing-masing. Kepala sekolah berperan sebagai pembagi guru mengajar di setiap rombongan berguru (Rombel) dan mengawasi operator sekolah dalam pengisian aplikasi Dapodikmen.

Peran PTK ialah sebagai pengajar dan pelaksana, sekaligus bertugas mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri oleh operator Dapodikmen. Peran penerima didik ialah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang bau tanah untuk diisi secara lengkap.

Sedangkan operator sekolah mempunyai tiga peran. Pertama, mengembangkan formulir pendataan kepada sekolah, PTK, dan penerima didik dalam rangka mendapat data untuk dientri ke dalam aplikasi. Kedua, mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan. Dan ketiga, mengirim data ke server melalui aplikasi Dapodikmen. (Desliana Maulipaksi)

0 Response to "Penjelasan Aplikasi Dapodikmen 2014 – Operator Sekolah Dapodikmen Tidak Harus Entry Ulang Data-Data Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel