Membawa Bontot Nasi Bungkus Daun Pisang Untuk Bekal Anak Sekolah Di Jaman Dulu

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Masa kemudian akan selalu indah untuk dikenang, utamanya waktu masih duduk di dingklik sekolah, dari SD, SMP, sampai Sekolah Menengan Atas ataupun yang sederajat.

Ingat benar kala itu ketika ku masih duduk di dingklik sekolah kelas 3 Sekolah Menengah Pertama khan sudah ada jam pelengkap (les) untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional. Dan dikarenakan lokasi sekolah dengan rumah kawasan tinggal kedua orang tuaku tidak mengecewakan jauh dan ditempuh dengan jalan kaki, maka membawa nasi ke sekolah untuk dimakan sepulang sekolah setiap kali ada jadwal les niscaya saya membawanya, tak terkecuali teman-teman seperjuanganku kala itu.

Dan istilah nasi yang dibawa sebagai bekal ke sekolah kami sebut dengan bontot. Dan tentu saja dalam bahasa Indonesia bontot berarti bungsu. Mungkin bontot ini merupakan bahasa Jawa atau sebutan masyarakat sekitar kampung halaman saya saja ya…? J

Setelah pulang sekolah, kami bahu-membahu sobat lain yang tergolong jauh jikalau harus pulang dan pergi, maka kami tetap bertahan di sekolah. Setelah sholat dzuhur kami pergi ke tengah persawahan yang ada pondok / gubug-nya untuk menyantap bersama bontot bawaan kami masing-masing dan tentunya tanpa menggunakan sendok alias pribadi menggunakan tangan (muluk).

Serunya kala itu, kami saling tukar lauk, tukar nasi yang kadang dimasak ibarat lontong maupun dimasak ibarat biasanya, namun yang khas hampir selalu dibungkus dengan daun pisang. Serunya masa sekolah bersama bontot kami yang selalu lezat dimakan, dan selalu habis tanpa sisa.

Lalu, di jaman ini, masih ada nggak kira-kira anak sekolah yang membawa bontot ke sekolah ya…? Karena semenjak bertugas menjadi guru selama sekitar 6 (enam) tahun ini, saya belum pernah menemui siswaku yang membawa bontot (bekal makanan) ke sekolah…. J …!

0 Response to "Membawa Bontot Nasi Bungkus Daun Pisang Untuk Bekal Anak Sekolah Di Jaman Dulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel