Strategi / Cara Menentukan Dan Menentukan Buku Yang Sempurna Untuk Dibaca / Dipelajari

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Begitu banyak buku yang beredar setiap minggunya, semakin banyak variasi buku yang dapat kita baca. Banyak pilihan itu penting, namun terlalu banyak pilihan menciptakan kita kebingungan. 

Tidak jarang sudah membeli sebuah buku yang kita anggap elok ketika di toko buku ternyata sesampai di rumah buku itu tidaklah semenarik yang kita kira.

Bagaimana mengatasi hal ini? Langkah pertama ialah menentukan buku yang tepat. Buku yang sempurna artinya, buku yang kita butuhkan dan buku yang menarik bagi kita. 

Buku yang elok bagi sobat Anda mungkin bukan buku yang sempurna bagi Anda. untuk itu kita perlu mencegah membeli buku yang salah, dan mendapat buku yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Tinjauan awal menciptakan Anda dapat mendapat citra besar sebuah buku dan menarik kesimpulan dan mencocokkan dengan kebutuhan Anda. Berikut saya uraikan singkat langkah-langkah meninjau sebuah buku.

1. Baca Kaver Depan
2. Baca Kaver Belakang
3. Baca Daftar isi
4. Buat Kesimpulan
5. Mengelompokkan buku
6. Apakah sesuai dengan kebutuhan
7. Membuat tujuan Membaca

Untuk 3 point pertama tentu Anda dapat melakukannya dengan mudah. Point 4 hingga 7 ini terkadang banyak yang resah bahkan belum pernah melakukannya.
Setelah melaksanakan point satu hingga tiga, Anda mestinya sudah mempunyai gambaran, apa yang dapat diberikan buku untuk Anda, itulah definisi dari kesimpulan. Secara citra besar, apa yang dapat diberikan buku untuk Anda.

Ada 3 kelompok buku berdasarkan filsuf ternama di Inggris, Francis Bacon, ada buku yang hanya perlu dicicip, ada buku yang perlu ditelan saja, dan ada buku yang harus dikunyah dan cerna. Maksudnya bagaimana? Buku yang perlu dicicip ialah buku-buku yang tidak perlu kita baca semuanya. Hanya dengan membaca sebagian dari buku itu saja Anda sudah dapat mengetahui isi buku dengan baik, memahami dengan baik.

Buku yang ditelan ialah buku yang tidak memerlukan usaha, analisa yang terlalu mendalam untuk memahami isi bukunya. Biasanya ini ialah buku yang merupakan bidang yang Anda geluti. Misalnya seorang akuntan membaca buku akuntansi, ini ialah buku yang umumnya masuk kategori buku yang ditelan.

Buku yang harus dikunyah dan cerna artinya buku yang membutuhkan perjuangan ekstra, analisa yang lebih banyak untuk membaca. Misalnya seorang akuntan membaca buku ihwal dunia pikiran. Atau seorang akuntan yang ingin menyebarkan dirinya dengan mempelajari buku akuntan yang lebih rumit. Umumnya buku kelompok ini ialah buku-buku teknis.

Pengelompokkan buku ini bergantung pada minat, pengetahuan sebelumnya dan juga pengalaman seseorang. Bisa saja buku yang harus saya kunyah dan cerna bagi Anda ialah buku yang dicicip saja. Setiap kelompok buku mengharuskan kita menunjukkan energi dan waktu yang berbeda.
Tahap selanjutnya ialah apakah buku itu sesuai dengan kebutuhan ketika ini? Jika ya, maka belilah buku tersebut. Jika belum atau tidak, Anda dapat menunda untuk membelinya. Dengan begitu, prioritas membaca menjadi lebih sederhana dan juga mengurangi kemungkinan buku yang semakin hari semakin menumpuk. Jika ini terjadi, akan menjadi beban emosi yang akan mempengaruhi kebiasaan Anda membaca.

Terakhir, bila buku tersebut memang ingin Anda baca, maka buatlah tujuan membaca. Tentunya sesudah Anda membelinya. Pernahkah Anda menuliskan tujuan sebelum membaca sebuah buku. Sebuah tujuan sangatlah penting. Jika tidak buku tersebut tidak akan menunjukkan manfaat yang maksimal, dan juga kita mungkin akan mengalami kesulitan dalam proses membacanya.

Referensi Artikel : http://bacakilat.com

0 Response to "Strategi / Cara Menentukan Dan Menentukan Buku Yang Sempurna Untuk Dibaca / Dipelajari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel