Cara / Langkah Efektif Dalam Menumbuhkan / Membangkitkan Minat Baca Anak / Siswa

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Ada aneka macam cara / taktik jitu untuk menciptakan anak / murid kita biar mempunyai minat baca yang tinggi atau setidak-tidaknya berhasil membangkitkan minat baca pada anak maupun penerima didik kita. 

Membaca ialah jendelanya dunia, dengan membaca wawasan anak akan semakin bertambah, dengan membaca, anak akan lebih tahu, dengan membaca pula ia akan sanggup melaksanakan hal-hal yang lebih banyak lagi dan lebih terarah tentunya. 

Berikut langkah-langkah yang sanggup kita dilakukan untuk membangkitkan minat baca pada anak, di antaranya :

1.         Jadilah role model bagi anak. Anak mencar ilmu sangat cepat dengan meniru. Coba ingat-ingat saat anak Anda masih bayi, ia praktis sekali menggandakan apa yang Anda lakukan. Begitulah naluri dasar insan dalam belajar. Siapa role model yang paling tepat? Tentu saja orangtua.

2.         Anak perlu ditunjukkan bahwa membaca ialah hal yang menyenangkan, asyik, seru dan sangat berguna. Ini sanggup dilakukan dengan menceritakan apa yang telah Anda baca dan betapa Anda senang dikarenakan telah menerima manfaat dari membaca. Anda juga jelaskan bahwa mereka juga sanggup mempunyai buku yang cocok untuk usia mereka.

3.         Perbanyak buku Anda di rumah. Jika sanggup Anda punya perpustakaan sendiri atau minimal rak buku. Ini akan menimbulkan bahwa membaca ialah hal yang biasa dan merupakan lifestyle dalam keluarga Anda. Justru asing jikalau di dalam rumah tidak ada buku bacaan.

4.         Kalau sedang jalan-jalan ke mall, ajak anak Anda mengunjungi toko buku. Jadikan toko buku sebagai daerah rekreasi.

5.         Jangan takut bahwa anak akan jadi kutu buku. Santai saja… Tidak ada kutu buku jikalau bukunya sering dibersihkan. Anak yang terlihat kutu buku biasanya alasannya ialah kurang bersosialisasi. Anda cukup memastikan bahwa anak Anda tidak hanya berteman dengan buku saja tetapi juga punya kehidupan sosial bersama tetangga, sahabat sekolah, sahabat les, sahabat ibadah, dan lain-lain. Social skill pada anak juga sanggup dibuat dengan banyak berkomunikasi antara anak dan orangtua.

Itulah 5 hal yang sanggup dilakukan untuk membangun minat membaca pada anak. Semakin dini usia anak semakin praktis Anda menumbuhkan minat membacanya. Kelima cara di atas lebih cocok untuk anak yang sudah lancar berkomunikasi. Jika anak Anda masih balita, tentu ini jauh lebih mudah, Anda cukup sering membacakan kisah dari buku kepada mereka dan biasakan mereka sering bertemu dengan buku. Dengan demikian mereka akan bertumbuh dalam lingkungan membaca.

Referensi Artikel : http://bacakilat.com

0 Response to "Cara / Langkah Efektif Dalam Menumbuhkan / Membangkitkan Minat Baca Anak / Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel