Cara Mengatur / Edit Data Rombel Aplikasi Dapodikdas V.3.0.3 Sehabis Sinkronisasi

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…. 


Dalam kesempatan kali ini aku akan share mengenai cara mengatur / edit data Rombel aplikasi Dapodikdas V.3.0.3 sehabis sinkronisasi, selengkapnya sebagai berikut:

Setelah melaksanakan sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas v.3.0.3, langkah selanjutnya yaitu mengedit data Rombongan Belajar sesuai dengan kurikulum yang harus digunakan. 

Saat kita menentukan tab Rombongan Belajar, bagi yang melanjutkan kurikulum 2013 akan muncul notifikasi sebagai berikut :

Pilihan rujukan kurikulum-nya yaitu sebagai berikut :

Sekolah yang harus memakai kurikulum KTSP akan muncul notifikasi sebagai berikut :

Pilihan rujukan kurikulum nya yaitu sebagai berikut, rujukan kurikulum 2013 tidak muncul. 

Sekolah yang kembali memakai kurikulum 2006 (KTSP) silahkan untuk menyusun kembali SK Pembagian Tugas Mengajar sesuai dengan ketentuan Kurikulum KTSP. Selanjutnya operator memperbaiki data di Aplikasi sesuai dengan SK Pembagian Tugas Mengajar tersebut. Cara memperbaikinya yaitu sebagai berikut :

     Perbaikan bagi sekolah tingkat SD (SD)

SD yang kembali memakai Kurikulum KTSP dan masih memakai Kurikulum SD 2013, harus merubah kurikulumnya menjadi Kurikulum SD KTSP. Jika tidak ketika akan membuka pembelajaran akan muncul peringatan dari aplikasi.

Cara merubahnya yaitu sebagai berikut :

a.   Edit data kurikulum yang tadinya Kurikulum 2013 menjadi kurikulum KTSP, kemudian pilih SIMPAN.
b. Pilih rombel yang gres kita ubah kurikulumnya, kemudian lihat data pembelajarannya dengan menentukan tombol PEMBELAJARAN. Maka kita akan mendapati ketidak sesuaian jam Pendidikan Agama antara jam yang diinput dengan ketentuan maksimal.
c. Sesuaikan data jumlah jam mengajarnya sesuai SK Pembagian Tugas Mengajar dan sesuai Ketentuan Kurikulum SD KTSP.

Tampilan data pembelajaran sebelum diperbaiki :

Tampilan sehabis diperbaiki yaitu sebagai berikut :

     Perbaikan bagi sekolah tingkat SMP (SMP)

SMP yang kembali memakai Kurikulum KTSP dan masih memakai Kurikulum 2013, harus merubah kurikulumnya menjadi Kurikulum KTSP. Jika tidak ketika akan membuka pembelajaran akan muncul peringatan dari aplikasi.

Cara merubahnya yaitu sebagai berikut :

a.   Edit data kurikulum yang tadinya Kurikulum SMP 2013 menjadi Kurikulum SMP KTSP, kemudian pilih SIMPAN.
b. Pilih rombel yang gres kita ubah kurikulumnya, kemudian lihat data pembelajarannya dengan menentukan tombol PEMBELAJARAN. Maka kita aka mendapati ketidak sesuaian jumlah jam Antara jumlah jam yang diinput dengan jumlah jam sesuai ketentuan maksimal kurikulum KTSP. Sesuaikan data jumlah jam mengajarnya sesuai ketentuan kurikulum. Selanjutnya ada satu mata pelajaran yang tidak ada di Kurikulum SMP KTSP yakni PRAKARYA. Hapus mata pelajaran prakarya tersebut.
c.  Sesuaikan isi data pembelajaran dengan SK Pembagian Tugas Mengajar dan sesuai ketentuan Kurikulum SMP KTSP

Tampilan Pembelajaran sebelum diperbaiki :

Tampilan sehabis diperbaiki yaitu sebagai berikut :

Demikian share isu mengenai panduan / cara edit data Rombel Dapodikdas v.3.0.3 sehabis sinkronisasi. Untuk melihat manual v.3.0.3 aplikasi Dapodikdas selengkapnya sanggup diunduh dari links situs Dapodik Ditjen Dikdas yang sudah admin share pada artikel berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas..!

0 Response to "Cara Mengatur / Edit Data Rombel Aplikasi Dapodikdas V.3.0.3 Sehabis Sinkronisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel