Pelaksanaan Aktivitas Fls2n Seleksi Tingkat Provinsi Smp- Sma Tahun 2015 Di Palembang Digelar Pada Final Bulan Agustus 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Kegiatan tahunan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) kembali digelar di selesai Agustus 2015. Siswa berkompeten dan berbakat di bidang seni dari jenjang pendidikan dasar sampai menengah yang telah menjalani seleksi tingkat provinsi, akan bertemu di Palembang, Sumatera Selatan, pada 23-29 Agustus 2015 mendatang.

Untuk jenjang pendidikan dasar, tema yang diambil dalam FLS2N kali ini berbeda untuk setiap jenis lomba. Pada Festival Kesenian Seni Tari misalnya, tema yang diangkat ialah “Topeng sebagai sumber wangsit dalam menggali ide/gagasan siswa dalam menyebarkan budaya bangsa khususnya seni tari”.

Atau untuk lomba vokal, tema yang dipilih ialah “Merajut kebhinekaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa”. Sedangkan pada jenjang pendidikan menengah terutama SMA, tema besar yang diusung dalam FLS2N ialah “Mewujudkan Revolusi Mental melalui Seni”.

Pada jenjang SMP, ada 12 cabang lomba yang dikompetisikan. Kedua belas cabang lomba tersebut ialah vokal grup, ekspo kreativitas seni tari, ekspo musik tradisional, seni baca Al-Quran, cipta cerpen berbahasa Indonesia, kreativitas dongeng berbahasa Inggris (story telling), baca puisi, desain poster, lomba seni lukis, lomba desain motif batik, lomba cipta lagu, dan lomba cipta puisi.

Dan pada jenjang SMA, ada tujuh cabang seni yang dilombakan. Dari ketujuh cabang tersebut, tiga cabang ialah pertunjukan dan empat lainnya penciptaan. Yang termasuk pertunjukan ialah baca puisi, tari berpasangan, dan solo vocal. Dan yang termasuk seni penciptaan ialah cipta puisi, film pendek, desain poster, dan kriya.

Seni Pertunjukan ialah seni yang melibatkan agresi individu atau kelompok di daerah dan waktu tertentu. Seni pertunjukan melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, seniman, dan penonton. Sedangkan penciptaan karya seni berupa verbal yang berunsurkan keindahan yang diungkapkan melalui media yang bersifat positif dan sanggup dinikmati oleh indera.

Pada FLS2N di tingkat SMA, pengetahuan, wawasan, bahan, dan peralatan penerima dipersiapkan di masing-masing provinsi sesuai dengan tema lomba. (Aline Rogeleonick)

0 Response to "Pelaksanaan Aktivitas Fls2n Seleksi Tingkat Provinsi Smp- Sma Tahun 2015 Di Palembang Digelar Pada Final Bulan Agustus 2015"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel