Solusi Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 Di Komputer/Laptop

Sahabat Operator Sekolah yang sedang berbahagia...

Menyikapi beberapa keluhan rekan-rekan sesama OPS yang kebetulan mengalami beberapa problem /kendala dalam proses instalasi aplikasi Dapodikdas 2013, hingga perlu kerja keras yang berulang-ulang untuk sanggup menginstal aplikasi Dapodikdas di komputer/laptopnya dengan sempurna;

Kegagalan-kegagalan dalam proses instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 memang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya; spesifikasi komputer atau browser yang memang tidak support dengan aplikasi Dapodikdas 2013/2014, mekanisme instalasi yang belum benar, kesalahan prefill, maupun kesalahan-kesalahan yang lainnya. Berhubung waktu yang singkat dan pengalaman yang minim.

Dalam kesempatan berikut saya coba berikan solusi menurut pengalaman langsung yang bekerjasama dengan bagaimana cara mengatasi instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 pada komputer/laptop yang terus gagal.

Solusi/cara mengatasi kegagalan dalam menginstall aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang pernah saya alami sendiri hingga balasannya berhasil terinstall dengan tepat ialah sebagai berikut :

1.      Di drive “C” sudah ada file "prefill_dapodik" atau belum?
2.      Pada Kode pendaftaran perhatikan perbedaan antara abjad dengan angka, contohnya (**0***0*** : 0 = angka nol, bukan abjad “O”) atau (**9***9*** : 9 = angka 9, bukan abjad “g”), dan lain sebagainya.
3.      Urut-urutan langkah yang benar dalam instalasi Dapodikdas yakni instalasi dilakukan sehabis di drive “C” ada “prefill_dapodik”nya yang ada file prefill (*.prf) di dalamnya, prefill ini berasal dari database sekolah Dapodik 2012 lalu, kalau tidak maka sistem akan menganggap bahwa “username tidak terdaftar(teregister)”. Memang iya khan…???
4.      Apabila sudah terlanjur diinstall aplikasinya, prefillnya ternyata belum ada di C, langkah terbaiknya diuninstall (hapus aplikasi) Dapodikdas yang sudah ada melalui Control Panel (klik Start --> Control Panel --> Uninstall a Program --> klik Dapodikdas). “OPS yang gigih itu pantang menyerah…”
5.      Install kembali (setelah di drive “C” terdapat folder  “prefill_dapodik” yang berisi *.prf) hingga selesai.
6.      Sudah berhasil, alhamdulillah.
7.      Belum berhasil komentar di bawah. (@bercanda_se.di.kit.com).

Thanks… Good luck… Salam satu data berkualitas…!!!

0 Response to "Solusi Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 Di Komputer/Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel