Cara Mengatasi Arahan Pendaftaran Tidak Ditemukan Silakan Cek Arahan Registrasi” Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Sebelum melaksanakan proses input data-data gres sekolah TP. 2013/2014 pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014, proses pertama kali tentu rekan-rekan OPS harus menginstall dahulu aplikasi Dapodikdas 2013 ini pada laptop/komputernya masing-masing. 

Namun dalam kenyataannya, masih banyak kendala-kendala yang aku sendiri sering menemui insiden ini pada beberapa kawan-kawan OPS di sini, maupun dari komentar rekan-rekan OPS di blog personal aku ini. Masalah (baca : “tantangan”) tersebut terjadi ketika proses pendaftaran awal pada tampilan aplikasi Dapodikdas, instruksi pendaftaran awal tersebut tidak ditemukan.

Pada intinya, “Kode Registrasi Tidak Ditemukan” ini dikarenakan belum adanya database (prefilled / prefill) dalam folder “prefill_dapodik” pada drive “C”, SEBELUM PROSES INSTALASI DAPODIKDAS 2013 DILAKUKAN, PREFILL SEKOLAH HARUS SUDAH ADA PADA DRIVE “C” TERLEBIH DAHULU.

Oleh alasannya yaitu itu solusi paling efektif untuk mengatasi “Kode Registrasi Yang Tidak Ditemukan” pada ketika proses pendaftaran awal apikasi yaitu :

1.         Uninstall aplikasi Dapodikdas 2013, kemudian siapkan “kode registrasi” untuk download prefill sekolah. Tutorial uninstall klik di sini...

2.         Buat folder gres pada drive C dengan nama folder “prefill_dapodik”, cara mendapat prefill Dapodikdas 2013, klik di sini. Penempatan prefill sekolah yang benar telah ada pada drive C, ibarat pada gambar berikut :



3.         Sesudah prefill berada di drive “C”, selanjutnya install kembali aplikasi Dapodikdas 2013/2014 dengan versi yang terbaru ketika ini (V.2.0.3), untuk download installer klik di sini..., dan tutorial installasi, klik di sini...
4.         Setelah installasi berhasil, silahkan pendaftaran kembali, biar berhasil.


5.         Selesai

Demikian cara mengatasi duduk kasus “Kode Registrasi Tidak Temukan” pada awal proses pendaftaran aku share melalui blog ini. Semoga bermanfaat, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Cara Mengatasi Arahan Pendaftaran Tidak Ditemukan Silakan Cek Arahan Registrasi” Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel