Cara Entry / Input Data Yang Benar Dan Paling Kondusif Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Tahapan-tahapan dalam proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini memang sangat berbeda dengan entry data pada aplikasi Dapodik 2012/2013 yang lalu, dan yang terperinci berdasarkan saya, kesulitan dan kerumitan pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini lebih tinggi serta kompleks jikalau dibandingkan dengan aplikasi Dapodik 2012/2013. 

Proses tersebut mulai dari proses installasi, spesifikasi/jenis komputer/laptop, browser yang dipakai untuk menampilkan local host aplikasi harus support (sesuai/mendukung), adanya data prefill, dan lain sebagainya.

Namun alhamdulillah, balasannya aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini juga sanggup juga terinstall serta sanggup beroperasi di laptop saya dengan baik, namun tidak hingga di situ, kesulitan-kesulitan terkait input data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, maupun akseptor didik, masih banyak hal yang belum secara tepat saya pahami. 

Oleh sebab itu selayaknya teman-teman OPS, tak terkecuali saya juga harus memperhatikan tahapan-tahapan yang benar sekaligus paling kondusif yang harus kita selesaikan dahulu (bekerja dengan skala prioritas) dalam proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014.

Berikut tahapan-tahapan yang harus kita selesaikan dari awal hingga proses simpulan yang saya simpulkan dari beberapa sumber, salah satunya dari “masternya aplikasi Dapodikdas” Sdr. Obengs Bunhaw Langlang Buana dalam proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013 :

TARGET SEMENTARA YANG HARUS DISELESAIKAN :

1.      Selesaikan data yg masih invalid, hingga pada validasi – invalid “0”.
2.      Melengkapi data sementara.
3. Memasukan PD (Peserta Didik) dan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang gres di ruang tunggu (kecuali kelas 1 SD sanggup eksklusif dimasukan ke tabel utama dan dilengkapi datanya).
4.      Sinkronisasi sementara (tahap pertama).

TARGET TAHAP PENYELESAIAN :

1. Memasukan PD (Peserta Didik) dan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang ada di ruang tunggu ke tabel utama.
2.      Mendaftarkan/registrasi/penugasan yang gres masuk ke tabel utama.
3.      Melengkapi data PTK dan PD yg gres masuk ke tabel utama.
4.      Pengaturan Rombel tahap simpulan (secara keseluruhan).
5.      Lakukan sinkronisasi data yang sudah sempurna/terbaru.

Target-target yang telah diuraikan secara urut dari mulai tahap yang pertama selanjutnya hingga tahap paling simpulan dalam rangkaian proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di atas, agar sanggup menjadi pola aktivitas kerja yang benar dan kondusif bagi rekan-rekan OPS hingga tuntas dan berkualitas nantinya. Amin… Semoga bermanfaat, terimakasih… Salam satu data...!

0 Response to "Cara Entry / Input Data Yang Benar Dan Paling Kondusif Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel