Ciri-Ciri / Kriteria Penulisan Yang Baik Untuk Dipublikasikan Di Media Online (Internet)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Media visual berupa goresan pena menjadi salah satu serpihan penyampaian pesan antara seorang penulis dengan pembacanya. 

Agar efektifitas dalam komunikasi optimal, diharapkan beberapa syarat yang sanggup berlaku bukan hanya untuk penulisan, namun di sini akan saya ulas apa saja kriteria goresan pena yang baik untuk dipublikasikan di media online, baik melalui situs jejaring sosial, email, blog, website, iklan, dan lain sebagainya.


Kriteria penulisan yang baik, berkualitas, serta efektif untuk dipublikasikan di media online di antaranya yakni :

1.   Buat judul dengan goresan pena kapital dengan ukuran aksara yang lebih besar dan lebih tebal, ini penting dalam penglihatan pembaca, alasannya yakni dengan penonjolan (highlight) tersebut, kata kunci ataupun tema utama dalam goresan pena akan besar lengan berkuasa konkret bagi pembaca untuk terus fokus pada pembagian terstruktur mengenai isi-isinya.

2.   Hindari kependekan kata, contohnya dan lain-lain, tapi dituliskan dll. Ini akan berefek tidak baik pada hasil terjemahan (translate) ke bahasa absurd (selain bahasa Indonesia).

3.   Penyesuaian kata sambung antar kalimat, awal paragraf / alinea baru, dan seterusnya benar-benar menimbulkan satu rangkaian yang saling terkait serta berurutan, runtut, jelas, dan terstruktur / sistematis.

4.   Penempatan alinea, sub bahasan, dan serpihan goresan pena yang yummy dipandang mata, ibarat jarak antara alinea, idealnya harus diberi 1 baris kosong sebagai penggalan antar alinea / paragraf, termasuk juga rata kanan kiri isi goresan pena untuk memudahkan pembaca dalam membedakan mana kalimat yang masih bersambung, dan mana kalimat penutupnya.

5.   Penggunaan kosa kata serta tata bahasa yang semudah mungkin dipahami oleh pembaca, gunakan istilah absurd maupun kata-kata beragam seminimal mungkin, hal ini untuk menghindari salah paham / tafsir / arti yang pada balasannya memilih pemahaman yang sama atau tidaknya dengan maksud penulis dalam mewujudkan isi pikiran ataupun perasaannya dalam goresan pena tersebut. Karena intinya goresan pena dipublikasikan salah satu tujuan utamanya yakni untuk menyamakan pemahaman antara penulis dan pembaca.

Selain 5 hal di atas, tentu masih ada lagi beberapa syarat yang diharapkan untuk menghasilkan karya tulis yang benar-benar berkualitas dan efektif dalam penyampaian pesan ataupun komunikasi khususnya untuk goresan pena yang dipublikasikan melalui dunia maya yang sudah “mendunia” ini. Selamat berkarya Sahabat…! ...!

0 Response to "Ciri-Ciri / Kriteria Penulisan Yang Baik Untuk Dipublikasikan Di Media Online (Internet)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel