Cara Cek Nisn Sd, Smp, Sma Tahun Pelajaran 2014 – 2015 Dan Perbedaan Nis Dengan Nisn

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dengan adanya kemajuan dunia teknologi isu dikala ini, ternyata bukan hanya dari kalangan Operator Sekolah saja yang sering mengakses internet, tapi juga Rekan-rekan Guru maupun PTK lain, bahkan juga dari kalangan orang bau tanah / wali dari akseptor didik pada seluruh jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar (SD – Sekolah Menengah Pertama / sederajat) hingga pada jenjang pendidikan menengah (SMA / sederajat) khususnya dalam kepentingan untuk mengetahui NISN dari salah satu anaknya tersebut.

Oleh sebab itu, untuk mempermudah dalam mengakomodir kepentingan cek data dari aneka macam pihak tersebut  di atas. Mungkin perlu sedikit saya ulas mengenai perbedaan NIS (Nomor Induk Siswa) dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) sebagai berikut :

1.   NIS (Nomor Induk Sekolah) yakni nomor unik bagi setiap akseptor didik yang diterbitkan oleh masing-masing sekolah menurut buku induk sekolah masing-masing (biasanya menurut nomor urut yang tertera pada buku registrasi di mana anak tersebut pertama kali masuk di sekolah tersebut) yang selanjutnya didokumentasikan ke dalam buku induk sekolah bersangkutan bersama dengan biodata akseptor didik selengkapnya.

Dan tentu saja NIS dari seorang akseptor didik dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan menengahnya berbeda.

2.   NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan terdiri dari 10 digit angka dengan 3 angka di awal NISN merupakan identitas tahun kelahiran dari anak tersebut, pola : NISN 0023314997 (002 = tahun lahir anak pada tahun 2002).

Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi instruksi pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Dan tentu saja NIS dari SD, SMP, Sekolah Menengah kejuruan / sederajat, NISN tersebut tetap (tidak berubah, dengan perkiraan NISN anak tersebut telah terbit ketika di jenjang SD).

Oleh sebab itu, menurut perbedaan di atas, tentu saja cara mengetahui NIS dengan NISN berbeda, jika cara mengetahui NIS (Nomor Induk Sekolah) sanggup dilihat pada kepingan NIS buku rapor akseptor didik, kartu pelajar (kartu identitas dari sekolah), maupun pribadi sanggup ditanyakan kepada pihak sekolah (namun apabila pada kepingan NIS tersebut terisi 10 digit, kemungkinan besar ini yakni NISN).

Selanjutnya, untuk mengetahui NISN, cara yang pertama sama ibarat cara mengetahui NIS ibarat tersebut di atas, namun mengingat apakah NISN akseptor didik valid atau tidak? alangkah baiknya dicek online via internet NISN yang terdiri dari 10 digit angka baik untuk siswa SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan sederajat pada laman ini, dengan cara :

1.   Pencarian menurut NISN, masukkan NISN, kemudian klik tombol “Cari”.
    
2. Pencarian menurut Nama : silahkan dimasukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, dan input Tanggal/Bulan/Tahun Lahir. Selanjutnya klik “Cari”.

Dan lebih baiknya apabila ditemukan data maupun NISN yang tidak akurat, silahkan segera koordinasikan dengan sekolah asal untuk membantu perbaikan data-data akseptor didik tersebut, dan apabila data siswa maupun NISN ternyata tidak terdaftar / tidak ditemukan, untuk klarifikasi lebih lanjut dan solusi selengkapnya silahkan baca pada artikel berikut.

Demikian klarifikasi singkat mengenai perbedaan NIS dan NISN, biar sanggup menjawab beberapa pertanyaan dari pengunjung blog personal saya ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

0 Response to "Cara Cek Nisn Sd, Smp, Sma Tahun Pelajaran 2014 – 2015 Dan Perbedaan Nis Dengan Nisn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel